04 April 2013

organisasi kebidanan di dalam dan luar negeri

Diposting oleh Unknown di 4/04/2013 11:12:00 PM

BAB I
PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang
Organisasi profesi merupakan organisasi yang anggotanya adalah para praktisi yang menetapkan diri mereka sebagai profesi dan bergabung bersama untuk melaksanakan fungsi-fungsi sosial yang tidak dapat mereka laksanakan dalam kapasitas mereka sebagai individu.
Ada bermacam-macam organisasi profesi dalam berbagai macam bidang. Secara popular, seorang bekerja di bidang apapun sering diberi predikat professional yang mana pekerja professional adalah seorang pekerja yang terampil  atau cakap dalam bidangnya. Dari beberapa pegertian tentang bidan, dapat diketahui bahwa bidan adalah profesi yang khusus.
Salah satu karakteristik professional menurut Scum E. H. adalah professional membuat perkumpulan untuk profesi dan batasan peraturan  untuk profesi. Bidan adalah jabatan professional, untuk itu bidan harus memenuhi persyaratan diantaranya adalah memiliki organisasi profesi sebagai wadah bagi anggotanya.
1.2   Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan organisasi kebidanan ?
2.      Apa fungsi organisasi kebidanan?
3.      Apa organisasi kebidanan yang ada di luar negeri dan di dalam negeri?
1.3   Tujuan Masalah
1.      Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan organisasi kebidanan.
2.      Mengetahui organisasi bidan yang ada di Indonesia.
3.      Mengetahui organisasi dbidan yang ada di dalam negeri
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian organisasi
Linda (2001 : 11) Organisasi profesi bertugas untuk mendefinisikan aktifitas keprofesian mengidentifikasi persyaratan untuk menjadi anggota profesi, menentukan kompetensi yang perlu dikembangkan, meningkatkan penemuan baru, dan mengkomunikasikan pengetahuan tentang profesi dan aktifitasnya kepada aktifis lainnya.
Prof Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikan “organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.”
Drs. Malayu S.P Hasibuan mengatakan “organisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.”
Chester L Bernard (1938) mengatakan bahwa “Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih ( Define organization as a system of cooperative of two or more persons) yang sama-sama memiliki visi dan misi yang sama.
dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa organisasi kebidanan adalah suatu organisasi yang aktifitas pokoknya melakukan pelayanan KIA dan kesehatan kepada masyarakat dengan salah satu tujuan yang dicapai adalah membentuk pelayanan yang bermutu dan berkwalitas.

2.2 Organisasi kebidanan di dalam negeri   
               IBI (Ikatan Bidan Indonesia)
Ikatan Bidan Indonesia (IBI) adalah organisasi kebidanan yang ada di Indonesia . IBI merangkul seluruh bidan di Indonesia untuk bersatu dalam satu wadah.
IBI terdaftar sebagai anggota Ikatan Bidan Sedunia /International Confederation of Midwives (ICM) tahun 1956.
IBI menetapkan bahwa bidan Indonesia adalah seorang perempuan yang lulus dari pendidikan Bidan yang diakui pemerintah dan organisasi profesi di wilayah Negara Republik Indonesia serta memiliki kompetensi dan kualifikasi untuk diregister, sertifikasi dan atau secara sah mendapat lisensi untuk menjalankan praktik kebidanan.
Tujuan IBI :
1.            Membina pengetahuan dan ketrampilan anggota dalam profesi kebidanan
2.            Membantu pemerintah dalam pembangunan nasional
3.            Meningkatkan kududukan dan martabat bidan dalam masyarakat
4.            Meningkatkan persatuan dan kesatuan.
5.            Meningkatkan profesionalisme bidan.
6.            Meningkatkan peran dalam pelayanan kesehatan.
7.            Meningkatkan citra bidan.
8.            Menggalang persatuan dan persaudaraan antara sesama bidan serta kaum wanita dalam rangka memperkokoh persatuan bangsa
2.3  Organisasi kebidanan di luar negeri
1.      ICM (Internatinal Confederation of Midwives(ICM)
Konfederasi Internasional Bidan mendukung, mewakilidan bekerjauntuk memperkuatasosiasiprofesionalbidandi seluruh dunia. ICM mewakili lebih dari 250.000 anggota profesional melalui108 asosiasi kebidanandi 98 negara. ICM bekerja dengan bidandan asosiasi kebidanan global untuk mengamankan hak perempuandanakses ke perawatankebidanansebelum, selama dansetelah melahirkan.
ICM telahbekerja bersamabadan-badan PBBdan mitralainnyaselama puluhan tahunglobal untukmembantu mengurangijumlahibu danbayi yang meninggal.
Diketahui bahwa bidan telah melakukan upaya untuk ada di dunia internasional selama lebih dari 100 tahun. Ada catatan dari konferensi bidan yang diselenggarakan di Berlin, Jerman, pada tahun 1900, ketika lebih dari 1.000 bidan hadir dan  ini diatur tanpa menggunakan telepon, komputer, kartu kredit atau pesawat terbang.
Pada tahun 1919, sekelompok bidan Eropa, berpusat di Antwerp, Belgia, mendirikan  Konfederasi Internasional Bidan. Pada saat ini, banyak negara telah memiliki asosiasi nasional dari bidan, komunikasi di antara mereka meningkat dan serangkaian pertemuan rutin
Selama tahun 1930-an dan 1940-an, perjalanan dan komunikasi di Eropa terganggu oleh perang dan kerusuhan. Sayangnya, catatan rinci pertemuan bidan sebelumnya 'dan dokumen hancur. Namun, keinginan untuk melanjutkan kerja internasional masih kuat. Pada tahun 1954, inisiatif tumbuh lagi dan kali ini lokasi London, Inggris. Untuk pertama kalinya, nama 'International Confederation of Midwives' diputuskan, dan juga gagasan kongres tiga tahunan rutin didirikan. Sejak 1954 rangkaian pertemuan tersebut setiap tiga tahun tetap tak terputus.
ICM sekarang memiliki lebih dari 100 anggota - semua asosiasi kebidanan otonom, dari sekitar 100 negara yang mencakup empat wilayah: Afrika, Asia Pasifik, Amerika dan Eropa. Setiap anggota asosiasi mengirimkan delegasi ke Dewan ICM, yang merupakan badan secara keseluruhan, masing-masing daerah memilih wakil-wakil ke papan yang lebih kecil, yang mengawasi bisnis yang berkelanjutan dari Konfederasi.
Dewan ICM memutuskan pada tahun 1999 untuk memindahkan lokasi kantor pusat dari London ke Den Haag, di Belanda, dan itu telah berdiri di sana sejak. Staf markas permanen telah meningkat dari janji pada tahun 1987 satu paruh waktu sekretaris eksekutif, untuk kelompok yang lebih besar saat ini termasuk Sekretaris Jenderal, Program Co-ordinator, Manajer Komunikasi dan lainnya paruh waktu bantuan administrasi. Jurnal ICM, Kebidanan Internasional, sekarang dalam tahun ke-18 berkomunikasi "ke, dari dan di antara bidan di seluruh dunia" dan situs ICM di www.internationalmidwives.org telah membantu akses cepat ke ICM berita dan kegiatan sejak tahun 2000.
Kongres internasional yang diadakan setiap tiga tahun. Situs masing-masing diputuskan enam tahun ke depan, dan acara ini co-host oleh ICM dan salah satu asosiasi anggotanya. Tempat selama 50 tahun terakhir ini antara Yerusalem, Kobe, Manila, Santiago, Sydney, Vancouver dan Washington, serta kota-kota Eropa banyak. Ini kongres telah menjadi fokus utama bagi rutin bisnis global bidan, pertemuan profesional dan ilmiah. Selain itu, pertemuan regional dan konferensi sering diadakan di tahun-tahun antara kongres.
Misi ICM adalah untuk "memajukan seluruh dunia tujuan dan aspirasi bidan dalam pencapaian hasil yang lebih baik bagi perempuan dalam beberapa tahun mereka melahirkan anak, bayi mereka dan keluarga mereka di mana pun mereka berada".
2.      MANA (Midwives Alliance of  North America)
Ketika MANA didirikan pada tahun 1982, ada banyak organisasi di Amerika Utara yang telah didirikan bidan sebagai sarana komunikasi dan dukungan di antara bidan. Di antara mereka adalah Asosiasi Bidan Nasional, Asosiasi Childbirth at Home, Inc, Homebirth Informed, dan NAPSAC.
Namun, tidak satupun dari organisasi-organisasi ini memiliki basis keanggotaan yang luas cukup untuk menarik semua bidan bersama-sama dalam satu organisasi, sistem dukungan internal, atau kredibilitas dan pengaruh politik yang diperlukan untuk mempromosikan kebidanan untuk diterima sebagai bagian dari ibu dan anak.
Pada bulan Oktober 1981, Suster Angela mengadakan pertemuan di Washington, DC, yang ia berharap akan menanam benih untuk pembentukan organisasi baru ini. Dia mengundang 7 bidan dari seluruh negeri, campuran perawat-bidan dan bidan lainnya dididik dalam berbagai cara. Ini pertemuan awal disebut "Dialog hari" dan terdiri dari sebuah diskusi meja bundar tentang isu-isu yang dihadapi semua bidan di negeri ini, dengan penekanan khusus pada masalah komunikasi antara perawat-bidan dan bidan Amerika lainnya. Dengan hasil dari pertemuan pertama ini adalah keputusan untuk membentuk "Persekutuan" yang akan mencakup semua bidan dengan tujuan berikut dalam pikiran:
    a.Untuk memperluas komunikasi antara bidan.
    b.Untuk mengatur pedoman pendidikan untuk pelatihan bidan.
    c.Untuk mengatur pedoman untuk kompetensi dasar dan keselamatan untuk berlatih bidan.
    d. Untuk membentuk sebuah organisasi profesional yang dapat diidentifikasi untuk semua bidan di negara ini.
Yang hadir pada pertemuan pertama adalah beberapa bidan yang berada di MANA yaitu Teddy Charvet, Ina May Gaskin, Susan Leibel, dan Fran Ventre. Sebuah pertemuan terbuka direncanakan untuk Lexington, Kentucky, pada bulan April 1982, sebelum Konvensi ACNM untuk menindaklanjuti diskusi ini.
Hasil dari pertemuan tersebut adalah bahwa waktu yang tepat untuk memulai pekerjaan menyusun organisasi semacam itu, dan beberapa hari berikutnya, kelompok inti terbentuk dan pekerjaan dimulai. Nama “Aliansi BidanAmerika Utara” terpilih.
Dua puluh tiga perempuan dari seluruh Amerika Serikat dan Kanada menghadiri konferensi ini. Ini berbasis luas, kelompok organisatoris terampil bekerja sama dengan baik dan tulang punggung struktural pada MANA. Kemudian Komite didirikan dan berbagai proyek dimulai.
3.      NARM (The North American Registry of  Midwives)
NARM mendukung sistem perawatan kesehatan di mana setiap keluarga di Amerika Utara memiliki akses ke bidan terampil dan bertanggung jawab. NARM menetapkan standar untuk sertifikasi berbasis kompetensi yang memungkinkan bidan untuk mendukung hak perempuan untuk memilih kelahirannya dan tempat lahir dan untuk melibatkan seseorang yang mereka kehendaki.
 NARM mengakui potensi hasil yang lebih baik yang mencakup biaya yang lebih rendah dan intervensi yang lebih sedikit untuk ibu melahirkan dan bayi mereka ketika dihadiri oleh bidan profesional bersertifikat.
NARM didedikasikan untuk memajukan profesi dengan mendukung upaya-upaya advokasi untuk pengakuan hukum di tingkat negara bagian dan federal. NARM mendedikasikan persentase yang signifikan dari anggaran tahunan untuk pengembangan pelatihan advokasi, menawarkan lokakarya, partisipasi dalam legislasi, kesehatan masyarakat, dan konferensi kebidanan, menciptakan materi promosi, dan melayani di komite penasehat untuk inisiatif tingkat negara bagian dan federal.
4.      AANM (The American Association of Naturopathic Bidan)
The American Association of Naturopathic Bidan (AANM) adalah organisasi profesional untuk bidan naturopati. Bidan naturopati adalah bidan yang membantu kelahiran paling luas yang dilatih alami yang tersedia bagi Anda dan keluarga Anda.AANM ada untuk mendidik masyarakat tentang kebidanan naturopati dan untuk memberikan dukungan klinis, pendidikan berkelanjutan, standar perizinan dan program mentoring bagi para anggotanya.
5.      The Canadian Association of Midwives(CAM)
             Asosiasi Kanada Bidan (CAM) adalah organisasi nasional yang mewakili bidan dan profesi kebidanan di Kanada.
             Misi dari CAM adalah untuk memberikan kepemimpinan dan advokasi untuk kebidanan sebagai bagian, diatur publik yang didanai dan penting dari sistem perawatan bersalin primer di seluruh provinsi dan wilayah. CAM mempromosikan pengembangan profesi untuk kepentingan umum dan memberikan kontribusi perspektif kebidanan terhadap agenda kebijakan kesehatan nasional.
                        Visi Asosiasi Kanada Bidan adalah bahwa kebidanan merupakan dasar pelayanan kesehatan ibu dan bayi baru lahir, dan bahwa setiap wanita di Kanada akan memiliki akses ke perawatan bidan untuk dirinya dan bayinya.

6.             New Zealand College of Midwives (NZCOM)
          New Zealand College of Midwives (NZCOM) adalah organisasi profesional dandiakui 'suara' untuk bidan dan bidan pelajar di Selandia Baru.
Tujuan NZCOM adalah:
Memajukan profesi kebidanan
Berbicara nasional dan regional untuk kepentingan bidan dan wanita
Menegakkan Konfederasi Internasional Bidan / World Health Organisation'sdefinisi dari peran bidan dan ruang lingkup praktek
Menegakkan dan memajukan Selandia Baru Kebidanan Model Kemitraandengan perempuan






BAB III
PENUTUP
2.4  Kesimpulan
Dari beberapa raian diatas, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa :
Organisasi Kebidanan adalah suatu organisasi yang aktifitas pokoknya melakukan pelayanan KIA dan kesehatan kepada masyarakat dengan salah satu tujuan yang dicapai adalah membentuk pelayanan yang bermutu dan berkualitas.
Organisasi kebidanan sangat penting adanya karena organisasi kebidanan merupakan suatu wadah , yang menaungi seluruh bidan di dalam atau luar negeri. Dari organisasi kebidanan tersebut maka dapat memudahkan penyaluran visi dan misi bidan , untuk mengurangi AKI dan AKB juga menanmbah kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan.
Di dalam maupun di luar negeri terdapat berbagai macam organisasi kebidanan, yang menunjang persatuan bidan di dalam ataupun di luar negeri.








DAFTAR PUSTAKA

Darma, Agus. 1995. Manajemen Perilaku Organisasi: Pendayagunaan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ivadhatulrisma's blog